Liburan ke Bandung Cuma 2 jutaan

Hai teman-teman😊 
Kali ini aku bakalan memberikan tips buat kamu yang tidak pernah traveling keluar sendiri atau sama sekali tidak pernah.

Tips pertama: Usahakan travelingnya sama teman-teman dulu agar kamu dapat belajar mengenai perjalanan, baik dalam atau luar negeri. 

Tips kedua: Setelah kamu belajar dan mendapatkan ilmu baru, segera terapkan haha😊 tapi ingat ngumpulkan modal dulu. Nah masalah modal ini pokok penting dalam sebuah perjalanan.

Bagi kamu yang hanya punya bajet 2 juta 5 ratus (tanpa oleh2) sampe 3 juta (dg beberapa oleh2). Kamu tetap bisa berlibur kedua daerah di Jawa. Loh kok bisa?? Ya bisa lah. Tapi yang harus digarisbawahi adalah tidak solo travel. Setidaknya kamu dan teman kamu (1orang saja). Kenapa? Karena bisa sama-sama membantu, setidaknya sepiring berdua hahahha.. Ya nggak laa bercanda.
1. Rencanakan 6 bulan sebelum keberangkatan. Aku menabung 6 bln sebelum keberangkatan haha😂 kalau mau 1 tahun sebelumnya juga boleh, tapi godaanya banyak banget. Jangan lupa tentukan kota tujuan, tempat wista yang akan dikunjungi. Saran aku sih lebih baik yang lagi trending dan rekomended.
2. Bulan November dan Desember kamu harus pantengi dan cek secara berkala aplikasi yg menawarkan tiket pesawat (cari yang murah tapi gak murahan). Kalo perginya pada bulan itu. Ya karena bulan-bulan itu libur akhir tahun.
3. Tentukan hotel dan penginapan yang akan kamu tinggali bajetnya hanya sampai 230 rb saja. Ingat jangan pesan dadakan, karena aku punya pengalaman tentang dadakan. Aku ceritanya, aku dan teman tiba2 dadakan langsung pesan tiket pesawat karena murah tadi. Apalagi dapat setelah natal tanggal 26. Nah, kami sebenarnya membahas hotel tp rata2 hotel dan penginapan yang kamu hubungi penuh dan beberapa mahal. Jadi, kami memutuskan akan pesan setelah sampai di kota tujuan. Sesampai di kota tujuan, sudah malam. Kami sibuk menelepon mencari hotel dan penginapan, mencari diaplikasi alhasil tidak ketemu maklum akhir tahun banyak yang booking dan mahal. Karena sudah sangat larut malam, akhirnys saya dan teman memutuskan untuk keluar dari bandara dan mencari taxi plat itam, dapat laa. Harganya 150 rb aslinya 200 karna kami tawar makanya murah dan bapak itu juga kasian karena melihat kami bawa dua orang anak kecil.
Si bapak membawa kami kebeberapa hotel dan penginapan di sekitar bandara dan alun-alun. Kami pun tetap tidak menemukan. Tak lama kami sampai di sebuah hotel yang ku kira tadinya penginapan. Yes!! Alhamdulillah akhirnya kami dapat hotel dg harga 160 rb walaupun tanpa fasiltas tv atau pemanas air, tapi cukuplah untuk istirahat dan nilai plusnya adalah hotel tersebut tidak jauh dari alun-alun kota Bandung. Sekitar 900 meter menuju alun-alun. 
Jadi, intinya jangan lupa dengan hotel dan penginapan dipesan. Kalo kamu dewasa semua tidak masalah tidur dibandara dulu, tapi kalau seperti kami membawa anak kecil lebih baik pesan dulu. Dan jangan melebihi bajet. Ingat!!
4. Makan. Yaph, yang satu ini juga gak boleh ketinggalan. Kalau bisa bajetkan satu hari 30 rb saja. Tapi bergantung lagi ke kamu. Kalo aku 100 rb perhari karena mulut gak berhenti ngunyah apalagi pengen mencoba makanan khas di sana. Pengennya sih hemat tp mulut berkata lain. *jgn ditiru ya boros makannya
5. Balik ke poin pertama, kamu harus tahu tempat tujuan yang akan kamu datangi. Misalnya bulan Oktober kamu mau ke Bandung, nah itu kamu bisa ke daerah Lembang soalnya agak regang, tapi kalau bulan Desember bisa juga tapi dari jauh hari kamu udah booking semuanya jadi gak serba dadakan. Terutama booking penginapan dan siap-siap aja kalo penginapan kamu jauh dari Lembang, nanti di perjalanan kamu bakalan terkena macet. Nah kalau dekat terhindar dari macet tapi harga lumayan menguras saku. Nah pengalaman yang udah sering aku lalui, kalau aku ke Lembang pas lagi gak hari libur atau gak tanggal merah. Nah, supirnya juga mengatakan lebih baik daerah kawah putih agak regenggan (itu bulannya liburan). Rame tapi gak semacet Lembang kata abangnya. 
Kalau kamu sudah menentukan tempat tujuan kamu harus menyiapkan uang utk tiket masuk ke tempat tersebut baik kendaraan atau perindividu. Untuk hal ini siapkan aja 100 ribu. Kan kamu pergi dengan teman jadi berdua aja. Kalo digabungi jadi 200 rb utk msuk ke tempat tujuan dg kira-kira dapat masuk ke 3 tempat wisata. 
6. Transportasi. Banyak sih transportasi, kalo bisa baca maps, kamu bisa sewa motor. Biasanya perhari 50 atau 100 rb belum termasuk bensin, begantung lokasi. Kamu bisa juga rental mobil (khusus keluarga). Karna sekarang lebih mudah, kamu bisa pake aplikasi atau malah carter abang aplikasi gocarnya langsung lebih enak. Pengalaman aku pesan pake aplikasi, trus gak lama terjadilah persetujuan abangnya bilang carter aja mbak, jadi penuh satu harian kami carter dia. Jadi, dia sekalian tourguide dengan biaya 500 rb (full) kemanapun dia akan antar. Lumayan dapat tourguide. Itu kalo main jauh, kalo dekat cukup jalan kaki aja😁. Kemudian transportasi bandara atau ke kerata cukup merogoh kocek sekitar 100 rb aja karena penginapan kami cukup dekat dg bandara ataupun stasiun kereta.
7.Oleh-oleh. Aku biasanya mencari oleh-oleh pertama, kaos karena biasanya mereka menjual kaos dengan harga variasi, tawar aja misalnya 1 pcs 30 rb, kamu bilang kamu ambil 5 pcs jadi 100 rb. Kedua, makanan khas di sana, murah dan dapat banyak lagi. Ketiga, boleh juga gantungan kunci. Cari yang murah dan melambangkan kota tsb. Ingat sesuaikan dengan bajetmu! Takutnya kalap membeli oleh-oleh malah ntar nambah bagasi, kan repot😂
8. Kamera. Ini wajib bangat bagi kamu yang hobi foto. Siapin ruang kosong di hp atau kamera, atau paling gak beli memori baru (kalo ada duit) atau bisa pindahin ke flashdisk otg yang bisa dibawa kemana aja. Walaupun kamu gak hobi foto, setidaknya kamu menyimpan fotomu satu atau dua foto wajahmu beserta ciri khas kota tsb. Kemudian boleh kamu lanjutkan dengan foto-foto pemandangan di sana.
9. Tiket pulang. Kalau liburannya masih di sekitar Indonesia, aku biasanya gak beli tiket pulang dulu. Siapa tau dapet promo 😁 kan lumayan. Ini juga dilakukan kalau kamu masih belum puas dengan liburanmu. Jadi, biasanya aku beli tiket H-1 sebelum pulang ke kampung halaman. Tapi, kalau kamu memang gak mau keluar bajet yang lebih lagi, ada baiknya langsung beli tiket PP. (Ini bergantung pilihanmu)

*Ingat harga tiket pesewat sewaktu-waktu berubah, jika tidak memungkinkan kamu bisa dari Jakarta dulu, kemudian naim bus atau kereta utk tujuan Bandung

Tiket PP= 1 juta 3 (aku genapkan)
Hotel= 150rb/org/hari (ini hasil dibagi dua sama teman) = 600rb
Makan= 100rb/org/hari = 400rb (ini udah termasuk jajan)
Tiket wisata= 125rb (ini hasil dibagi dua sama teman)
Transportasi= 250rb (hasil dibagi dua) utk ke tempat wisata dan 50 rb (utk perjalan pp bandara atau stasiun) 
Oleh-oleh= 300rb
Total 3 juta 

*tidak termasuk belanja pribadi spt baju, celana dll



Selamat Berlibur Teman-teman 😎😎





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Benda-benda Tanda Cinta Gu Jun Pyo dan Geum Jan Di