Studi Banding hanya 3 Jutaann

Studi Mandiri 
Halo teman-teman blogku. Udah lama banget aku gak berbagi cerita atau pengalaman ni ke kalian, tapi kali ini aku bakal bagi-bagi cerita dengan kalian sekaligus siapa tau di sini ada yang mau study tour atau studi banding dari kampus atau sekolah. Nah, kali ini aku bakalan bagi cerita studi banding dari kampus selama 4 hari 3 malam, ya mudah-mudahn bajet yang kalian keluarkan gak sebanyak yang aku keluarkan. Nah, kebetulan yang mengurus semuanya adalah kami (5 orang) dan dibantu dg teman satu kelas yang bekerja disebuah travel ternama di Kota Khatulistiwa.

1. Kota Tujuan
Rencanakan kota tujuan yang akan menjadi tempat studi banding kampus. Hal ini harus kamu tanya dg dosen atau kampus, biasanya mereka ada kerjasama. Agar lebih mudah berkomunikasi.
2. Tanggal
Rencanakan tanggal studi banding kalian. Agar studi banding bermanfaat tidak hanya berkutat pada jalan-jalan melihat infrastruktur kampus, fasilitas kampus, melihat tulisan-tulisan skripsi atau tesis mereka, kamu juga harus mencari tanggal yang mana ada dilakukannya seminar nasional atau internasional. Ini juga akan menambah poin kamu jika kamu ingin menjadi narasumber dalam seminar tsb. Dapat ilmu dan sertifikat. Biaya yang kami keluarkan utk mengikuti seminar ini adalah 250K (perorang).
3. Banner dan Buah Tangan
Ingat!! Jangan lupa di pesan dan dibuat banner  agar kamu punya kenangan juga bahwa kamu pernah studi banding di tempat tsb bersama teman-temanmu. Selain itu, kamu juga harus membawa buah tangan ciri khas kotamu utk penyerahan atau simbolis ke tempat tujuanmu. Biaya yang kami keluarkan banner adl 150K dan buah tangan 100K (utk hal ini kamu bisa menggunakan uang kas kelas).
4. Jumlah yang pergi
Kebetulan di kelas ku ada 18 mahasiswa. Kami menanggung biaya perjalanan bukan hanya utk kami saja, tetapi kemi juga menanggung biaya untuk 4 dosen dan 1 admin. Kebayangkan kenapa kami bisa 3 jutaan hahahašŸ˜‚ Nah, pastikan jumlah yang pergi, kemudian kalau bisa diperkecil biaya yang harus kamu tanggung. Misalnya, 1 dosen dan 1 admin. Kan bajet yang dikeluarkan jadi lebih sedikit.
5. Tiket
Jangan lupa untuk mengecek selalu harga tiket pesawat di aplikasi. Pilihlah dihari-hari kerja. Rencakan tiket PP.  Tiket yang harus kami keluarkan pada saat itu utk PP adalah 1Juta (aku genapkan).
6. Pilihan
Melihat poin lima tiketnya kan lumayan murah karena kami tidak langsung ke kota tujuan. Jadi, kami menggunakan bus yang telah disediakan travel tsb. Kalau kamu dan teman-temanmu tidak mau menggunakan bus, kamu bisa langsung ke kota tujuan atau bisa juga menggunakan kereta. Itu bergantung kesepakatan. Alhamdulillah di dalam bus kami disediakan air mineral beserta 3 kue dalam 1 kotak setiap bangku. Biaya bus aku gak tau, karena yang mengurusnya teman travelku. Kami hanya tahu harga tiket pesawat. Tapi sepengetahuanku, biasanya kami capter bus utk 1 hari itu sebesar 2 juta 5.
7. Tempat wisata
Bohong... Kalau cuma studi banding, padahal studi banding bisa dilakukan 1 hari atau 2 hari. Pastinya, studi banding itu adalah jalan-jalan ke tempat wisata kota tersebut (sambil menyelam minum air). Jangan lupa tentukan tempat wisata yang akan kalian kunjungi. Jika ingin mengunjungi 2 atau 3 tempat wisata, kalian harus mencari tempat wisata yang jalannya searah. Kenapa harus searah? Biar waktu kalian gak habis di jalan. Mengenai hal tiket masuk tempat wisata aku kurang tahu, tapi aku cari digoogle sekitar 20, 25, dan 30 (ini 3 tempat wisata)
8. Hotel
Pilihlah hotel di dekat kampus yang menjadi tujuanmu. Selain menghemat waktu, kalian bisa lebih leluasa utk mempelajari hal sekitar kampus. Aku cek digoogle hotel yang kami tempati dalam satu kamar berdua 350K jadi kalau bagi berdua kami hanya mengeluarkan 175K permalam.
9 . Makan dan Minum
Pendapat aku, karena kalian membawa begitu banyak kepala (perumpamaan) ada baiknya makanan dipesan melalui travel. Jadi, gak susah itung sendiri atau nunggu teman yang bayar. Jadi, biar travel yang menentukan makanan khas di kota tsb. Biasanya pihak travel hanya menyiapkan utk makan siang dan malam aja kerena pagi sudah makan di hotel. Bisa dibajetkan perorang 50 (tidak termasuk jajan sendiri).
10. Seragam khas
Seragam khas perlu. Ini menandakan kekompakan kelas dan kalau jalan teman-teman kelas bisa dikenali. Bajet yang aku kami keluarkan utk seragam kaos adalah 110K.

Jadi totalnya
Tiket PP= 1 juta/org
Sewa Bus= 140K/org/hari (560K)
Tiket Wisata=100K
Hotel= 175K/org/hari (700K)
Makan & Minum= 100K/org/hari (400K)
Seminar=250K
Seragam khas=110K

Jadi, totalnya..... Kamu bisa itung hehe
Tapi ingat, bajet kami keluarkan tidak segitu. Kenapa? Karena... Lihat poin 4. Jadi, biaya yang kami keluarkan pada saat itu sekitar 3 juta 5 di luar seminar dan seragam.

Catatan :
1. Agar koper kalian cepat ditemukan agar tidak berlama-lama menunggu, ada baiknya setiap koper diberi tanda pita jepang dan di tulis identitas kampus. Nah masalah pembelian pita bisa menggunakan uang khas.
2. Jangan bawa bajet pas-pasan. 3 juta 5 itu hanya studi banding saja tidak termasuk kamu jajan sendiri dan pembelian buah tangan utk org terkasih. Pada saat itu aku bawa sekitar 5 jutaan. Dan benar saja, aku menghabiskan 1 jutaan utk belanja pribadi dan buah tangan dan jajan pribadišŸ˜ itu pun sudah dibatasi, mengingat aku akan melimpir dg beberapa teman ke kota lain (2,3 pulau terlampaui).

*Selamat studi banding man teman*



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Benda-benda Tanda Cinta Gu Jun Pyo dan Geum Jan Di